ROCK ADALAH SEMANGAT!! ROCK ADALAH PEMBERONTAKAN!! ROCK BUKAN HANYA SEKEDAR BEAT RHYTEM ATAU MELODI. TETAPI LEBIH DARI ITU, ROCK ADALAH JALAN HIDUP!!!

Sunday, February 8, 2009

CHILHOOD TRAUMA


Kalau mereka sendiri menyebutnya aliran psycho core. Sebagai gambaran, bayangkan campuran dasar-dasar musik hardcore/metal yang agresif dengan break parts yang sarat elemen jazz, fusion hingga funk. Skill tehnis yang cukup istimewa. Setiap instrumen sangat padu. Hasilnya aransemen yang chaotic dan cenderung math-rock. Memang tidak sederhana, tapi cukup menyegarkan.

Band dengan formasi Yunus [vokal], Topan [gitar], Kadek [gitar], Galih [drum], Firman [bass] ini, terbentuk sejak bulan Maret 2006 di kota Malang. Setiap personil CT mengaku memiliki latar belakang dan selera musik yang berbeda. Sebagian bahkan mengaku lahir dari entitas irama musik alternatif rock dan nu-metal. Suatu saat anak-anak muda ini tertarik pada genre musik yang lebih keras dan bertenaga. Mereka lalu menjual jiwanya kepada agresifitas hardcore dan kemegahan metal.

Pada akhir 2006 mereka merekam singel berjudul Depresi yang mendulang respon hangat meski hanya disebar untuk kalangan sendiri. Lagu ini punya sesi free-jazz yang cukup mencuri perhatian. Tidak berselang lama, CT merilis demo singel yang kedua, Tersesat Dalam Maya. Nomor ini lebih panjang durasinya dan terdengar makin chaotic. Masih diselipi jazz-parts, plus tambahan suara vokal latar perempuan. Itu mungkin yang bikin musik mereka terdengar unik serta punya karakter berbeda dibanding band sejenis.

Kelompok yang sempat membuka tour Burgerkill di Malang ini hadir sebagai opini baru dalam kecenderungan metallic hardcore yang cenderung tipikal. "Kami ingin mengenalkan warna musik yang kami rasa bisa memberikan nuansa baru di scene underground," tulis mereka dalam profilnya.

Awalnya band ini tidak terlalu dikenal di scene lokal. Begitu mereka menyebarkan demonya ke publik, nama CT mulai sering dibicarakan dan rajin mangung di sejumlah gigs cadas.

apokalip.com

0 comments: