ROCK ADALAH SEMANGAT!! ROCK ADALAH PEMBERONTAKAN!! ROCK BUKAN HANYA SEKEDAR BEAT RHYTEM ATAU MELODI. TETAPI LEBIH DARI ITU, ROCK ADALAH JALAN HIDUP!!!

Saturday, December 27, 2008

SLANK


The Beginning

Slank dibentuk tahun 1983. Dimulai sebagai band SMP Cikini Stone Complex (CSC), Bimbim (drum), Boy (gitar), Kiki (gitar), Abi (bass), Uti (vokal) dan Well Welly (vokal). Band ini mengekspresikan kecintaannya pada lagu-lagu Rolling Stones. Namun sayang, grup ini tidak bertahan lama dan akhirnya membubarkan diri. Bersama dengan keponakannya Erwan dan Denny, Bimbim (drum) mulailah untuk membentuk suatu band baru Red Evil. Kiki yang mana adalah salah satu dari gitaris Cikini Stone Complex (CSC), bergabung dengan mereka. Seorang gitaris lain yang bergabung dalam Red Evil adalah Bongky.

Kalau Cikini Stone Complex (CSC) hanya menirukan Rolling Stones, Red Evil mempunyai suatu konsep bermain yang lebih baik, Red Evil mulai untuk mengarang lagu. Walaupun Red Evil sedang menyanyikan lagu-lagu Rolling Stones, mereka menyanyikannya dengan sangat menarik seperti dengan cara mereka, yang mana sembrono, slengean dan dengan menirukan gaya band asli main. Melihat gaya dan cara mereka bermain musik beberapa teman dan fans memanggil mereka SLENGEAN. Sejak Itu Red Evil berubah nama menjadi SLANK.

The Foundation

Orang tua Indonesia pada waktu itu sedang mengharapkan anak-anak mereka bisa menjadi suatu insinyur, dokter, akuntan, pemilik bank atau pekerjaan yang mereka kuasai. Aktif sebagai seniman atau pemusik sepadan dengan nganggur menurut pemikiran mereka. Beruntung Bimbim memiliki orang tua yang mendukung untuk menjadi pemusik 99%. Mereka dibiarkan berlatih dan berlatih dirumah mereka di Jl. Potlot 3/14. Dan hari ini tempat itu kita kenal sebagai home base SLANK’s.
Seiring waktu yang terus berjalan, pemikiran, rasa, perasaan, suasana hati dan sebagainya tak dapat dipungkiri. SLANK mulai berganti personel satu demi satu. Semangat Bimbim telah membawan suatu keberuntungan yang baik. Di formasi yang ke 13 ia mendapat pasukan besar untuk memasuki industri musik. Formasi itu adalah Bimbim (drum), Bongky (bass), Pay (gitar), Indra (keyboard), dan Kaka (vocal).

Their Debut

Pertama SLANK memulai dengan membawa tape demo mereka kesana-sini, dari satu produser ke produser yang lain, dari studio rekaman satu ke studio rekaman yang lain . Mereka semua menolak musik yang diusung SLANK. Akhirnya Indra Qadarsih, pemain keyboard pada waktu itu, memperkenalkan SLANK dengan Produser Boedhi Soesatio. Boedhi tertarik dengan musik SLANK. Budhi pikir SLANK mempunyai suatu campuran Pop, Rock n’ Roll, Blues dan Ethnic Indonesia yang sangat berbeda dari musik-musik pada tahun itu.
Perasaan bisnis Boedhi mengatakan ini adalah keuntungan. Album pertama SLANK adalah SUIT.. SUIT.. HE.. HE.. (Gadis ) di release 1991, dengan single MEMANG dan MAAFKAN yang mendapatkan penjualan terbaik dan membawa Slank untuk menerima penghargaan dalam BASF Award sebagai pendatang baru terbaik pada 1991. Sejak itu, SLANK menjadi terkenal dan mempunyai banyak fans di mana-mana di negeri ini.
Selanjutnya setiap tahun SLANK mengeluarkan album :
• Album 2 “KAMPUNGAN” - 1991
• Album 3 “PISS” - 1993
• Album 4 “GENERASI BIRU” - 1994
• Album 5 “MINORITAS” - 1995
formasi slank baru
slank Pictures, Images and Photos

The Moment of Truth… and Back on Track
Setelah Album kelima SLANK harus kehilangan tiga personel yaitu Bongky ( bass), Indra Q ( keyboard) dan Pay (gitar). Dengan hanya dua personel, Bimbim dan Kaka, SLANK mencoba untuk tetap bertahan. Mereka membuat album keenam, LAGI SEDIH, dengan bantuan dari teman Reynold (gitar) dan Ivanka ( bass). LAGI SEDIH, memperlihatkan kesedihan mereka yang ditinggalkan oleh personel- personel SLANK, yang di release tahun 1996.
Kesedihan menjadi lebih dalam ketika Reynold memutuskan untuk keluar dari SLANK ketika mereka bersiap-siap menghadapi promo album LAGI SEDIH. Para personel SLANK keliling mencari penggantian untuk Reynold. Pada waktu itu, Ivanka memperkenalkan Abdee Negara, dan Lulu Ratna, manajer pada waktu itu, memperkenalkanlah Ridho Hafiedz. Dua gitaris mempunyai karakter berbeda sehingga mereka memutuskan untuk mengajak Abdee dan Ridho untuk main. Lebih dari 100 nyanyian diberikan kepada Abdee dan Ridho untuk dipelajari dalam waktu hanya dua minggu. Dengan pemain ini, SLANK kembali ke jalan rock dengan formasi yang ke 14.

Slank kembali dengan pemain baru dan album baru yang lain :
• Album 7 – TUJUH released 1997
• Album 8 – MATA HATI REFORMASI released 1998
• Album 9 – 999+09 released 1999 (double album)
• Album 10 – VIRUS released 2001
• Album 11 – SATU SATU released 2003
• Album 12 – ROAD TO PEACE released April 2004
• Album 13 – PLUR released December 2004
• Album 14 – SLANKISME released 2006
• Album 15 – SLOW BUT SURE released 2007
• Album 16 – THE BIG HIP released 2008
• Album 17 – ANTHEM FOR THE BROKEN HEARTED released 2008

0 comments: