ROCK ADALAH SEMANGAT!! ROCK ADALAH PEMBERONTAKAN!! ROCK BUKAN HANYA SEKEDAR BEAT RHYTEM ATAU MELODI. TETAPI LEBIH DARI ITU, ROCK ADALAH JALAN HIDUP!!!

Saturday, January 31, 2009

ABBHAMA


Bagi sekalangan musisi anyar sekarang ini, nama band tersebut "jauh dari jangkauan" lantaran memang tak sempat melejit tinggi. Terbentuk tahun 1977, Abbhama Band memang terpengaruh oleh berkembangnya aliran progresif rock di tahun 70-an. Personil awal (dan jadi akhir) adalah Iwan Madjid (vokal, piano), Oni (kibor), Darwin (bas), Robin (dram), Dhrama (flute), Cok B (gitar), Hendro (oboe).

Yang menarik dari band ini adalah, kemampuan musikalnya tidak kalah dengan musisi asing waktu itu. Hal ini diakui oleh penggemar-penggemar progresive rock tak cuma di Indonesia, tapi juga dari negara lain, seperti Jepang misalnya. Kelemahannya --dan ini jadi rata-rata kelemahan band Indonesia saat itu-- adalah kualitas rekaman (mixing dan mastering yang sangat buruk.

Dengan segala keterbatasan itulah, tahun 1978 Abbhama Band "nekat" merilis album yang diberi titel ALAM RAYA. Dari sound dan lirik yang dipakai (hampir semua lirik ditulis oleh Iwan Hasan), band ini kental mengusung progresif rock. Ada yang bilang, musiknya mendekati progresif rock ala Perancis atau Italia.

Kabarnya, Iwan Madjid dan teman-temannya juga dipengaruhi oleh ELP (Emerson Lake Palmer), band progresive rock asal Inggris. Sementara lirik yang ditulis Iwan, menurut pengakuannya diinspirasi oleh Buch dan Debussy.

Sayang, usai merilis album perdana, band ini tidak berumur panjang. Personilnya kemudian berkiprah sendiri-sendiri. Iwan Madjid dan Darwin melanjutkan kiprah bermusiknya dengan membantuk WOW, tahun 1983-an. Band yang juga mengusung progresif rock ini sempat melibatkan nama seperi Fariz RM dan Moesja Joenoes.

Abbhama Band memang tidak berumur panjang. Mungkin sekedar numpang lewat di sejarah musik Indonesia khususnya progresif rock. Tapi dari komposisi yang dimainkannya, paling tidak membuat kita tahu, musisi Indonesia sebenarnya sudah diperhitungkan sejak dulu.

tembang.com

0 comments: