ROCK ADALAH SEMANGAT!! ROCK ADALAH PEMBERONTAKAN!! ROCK BUKAN HANYA SEKEDAR BEAT RHYTEM ATAU MELODI. TETAPI LEBIH DARI ITU, ROCK ADALAH JALAN HIDUP!!!

Thursday, January 29, 2009

SOUTHERN BEACH TERROR


Dengarkan!! Irama musik surf yang antik dari khazanah rock & roll jaman perjuangan. Ada suara gitar vintage yang cukup panik namun seksi. Ketukan snare drum yang berputar-putar. Sekilas sangat experimental dan instrumental. Dari eloknya pasir pantai hingga soundtrack film action kelas dua. Riding a tsunami!

STORY Band ini awalnya merupakan side project dari Bowow [Coffin Cadillac], Fossil [The Strawberries] dan Bimo [Killed On Juarez] di tahun 2003. Bimo lalu memilih keluar dari band karena alasan tertentu dan menyebabkan aktifitas bermusik mereka terhenti. Selama dua tahun, Bowow intens belajar main gitar sambil terus mendengarkan The Ventures, The Shadows, serta musik rock & roll dari era 50-an dan 60-an. Dia lalu menghubungi Fossil untuk membangun proyek bandnya kembali dengan irama musik surf-rock. Beberapa sesi latihan awal mereka yang mengkover lagu-lagu The Ventures dan The Shadows ternyata berjalan cukup berat. Hingga akhirnya Bowow 'dicerahkan' oleh CD The Ghastly Ones dan memilih untuk membawakan lagu-lagu band tersebut.

Nama band The Southern Beach Terror [TSBT] diambil dari judul film horor klasik Kerajaan Laut Kidul [The Southern Sea Kingdom], yang juga jadi representasi dari Jogjakarta, kota domisili mereka. Film tersebut menceritakan legenda rakyat lokal tentang kerajaan spiritual di selatan Jogja yang dipimpin oleh seorang ratu bernama 'Nyai Roro Kidul'. Akhir-akhir ini, TSBT sudah banyak mengisi pentas-pentas lokal di sekitar kota Jogja. Influens musik mereka pun mulai berkembang sampai ke arah The Cramps, The Sonics, dan band-band sejenis lainnya. Kecintaan Bowow dkk terhadap musik surf juga jadi motivasi tersendiri untuk terus membuat progres dan menciptakan nada-nada yang 'berani beda' dari band lokal kebanyakan.

BOILING POINT Meskipun TSBT tidak berasal dari scene surfing, namun mereka boleh dibilang satu-satunya band yang memainkan musik surf-rock di Jogja, bahkan mungkin di Indonesia!...

apokalip.com

0 comments: