ROCK ADALAH SEMANGAT!! ROCK ADALAH PEMBERONTAKAN!! ROCK BUKAN HANYA SEKEDAR BEAT RHYTEM ATAU MELODI. TETAPI LEBIH DARI ITU, ROCK ADALAH JALAN HIDUP!!!

Thursday, January 29, 2009

GHAUST


"A fairly consistent listen of forceful yet controlled heaviness. Involved influence from Boris, Pelican, Amebix, Kyuss and Corrupted," begitu yang tertulis pada halaman MySpace mereka. Melihat dari kuantitas personil, instrumen dan influens, maka bisa ditebak kalau Ghaust memainkan musik post-metal. Akar musik mereka adalah hasil eksplorasi metal yang dilatari dengan kombinasi antara stoner, sludge, doom, hardcore punk, dan post-rock. Tentu ini menjadi sebuah perayaan yang menyenangkan bagi para pencinta Isis, Pelican, Red Sparrowes, Eyehategod hingga Mogwai. "Tetapi jika anda tetap memaksa untuk berpikir atau berharap bahwa musik Ghaust itu adalah thinking man's metal, maka bersiaplah untuk kecewa!" pesan mereka kemudian.

Ghaust dibentuk pada awal bulan Agustus 2005 di kota Jakarta oleh demonic duo, Uri A Putra [gitar] dan M Edward [drum]. Sejak awal tahun 2007 lalu mereka sudah merekam materi debut album di Sinjitos studio dengan supervisi dari Iyub [Sugarstar, Santa Monica]. Di sela rekaman, Ghaust juga membagikan gratis materi demo bertajuk 600335/047545 yang berisi empat lagu ; Day After [Fucked-Up Version], The Wolf and The Boar, Black Ice Battle, dan Torchlight [Edit-Version/Live]. Kemudian mereka sempat terlibat dalam proyek kompilasi Droning Earth Vol.6. Di tengah proses penggarapan album perdana, ternyata mereka mengalami banyak perubahan mulai dari titel, list lagu, hingga artwork.

"Dulu pada awalnya kami sering menulis bahwa album perdana kami akan dinamakan Defeating Earth Gravity, tetapi seiring waktu dalam mengerjakan album ini kami sedikit merasa bahwa judul itu sudah tidak pantas untuk dijadikan sebagai nama album perdana kami. Karena memang materi di album perdana kami sudah berubah dan sedikit-banyak mengalami perkembangan baik dari ide maupun segi musikalitas," jelas mereka. "Materi baru dari album ini adalah materi terbaik yang berhasil kami buat pada saat ini. Mengambil dari banyaknya influence musik dari band-band yang luar biasa seperti His Hero Is Gone, OM, Corrupted, Neurosis, Godspeed You Black Emperor, Slayer, hingga rutinitas hidup kami yang akhirnya menghasilkan sesuatu yang sangat personal di album perdana ini." Kemudian soal titel albumnya nanti, mereka juga menjelaskan panjang lebar, "Nama Defeating Earth Gravity dulu diambil dari keterkaitan konsep lagu perlagu pada materi awal yang kami buat, tetapi ternyata materi lama kami hampir semua tidak ada yang masuk ke dalam album ini. Semuanya tergantikan dengan materi baru dan hanya The Wolf and The Boar saja yang dipertahankan. Jadi jika ada yang bertanya apa nama judul album perdana Ghaust? Album ini tidak memiliki judul alias album self-titled. Kami sudah lelah dengan berkonsep ria, mungkin sekarang bukan saatnya..."

Ghaust termasuk band dengan formasi dan corak musik yang unik dan tidak biasa di scene cadas. Mereka mulai sering tampil di panggung-panggung lokal Jakarta. Sempat juga membuka konser launching Seringai tahun lalu. Ghaust is now restoring an heavy instrumental composition to it's authority!...

apokalip.com

0 comments: